Setelah mempersiapkan Produk di Artikel sebelumnya, maka saatnya kita pilih Media Penjualan. Hal teknis tentang ini sudah pernah dibahas di Artikel UMKM Go Online di Blog ini. Apa itu Media Penjualan?

Jika Anda ingin menjual produk secara Online, maka Anda dapat memilih mau menjual dimana. Ada 3 media penjualan secara online, yaitu Toko Online, Marketplace, dan Media Sosial.

Masing-masing media penjualan online ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Mari kita bahas satu persatu :

Toko Online

Toko Online adalah Web khusus untuk menjual produk-produk Anda secara online. Untuk membangun toko online perlu disiapkan terlebih dahulu Domain Internet, Hosting, dan Aplikasi Toko Onlinenya itu sendiri. Domain Internet adalah nama alamat toko online Anda di Internet. Misalnya tokosaya.com , sumberezeki.net, majujaya.id , dll. Nama toko online akan diikuti ekstensi domainnya seperti .com .net .id dan ratusan domain lainnya. Harga domain berkisar mulai dari Rp.50rb/tahun sampai ratusan ribu pertahun tergantung ekstensinya. Dot com adalah ekstensi domain yang paling populer untuk keperluan Komersial. Harga normalnya sekitar 100rb-200rb/tahun.

Hosting adalah tempat meletakkan data yang dapat diakses via Internet. Umumnya hosting berarti menyewa space (ruang data) tertentu ke Pengelola Hosting. Sewa dihitung perbulan atau pertahun tergantung paket yang ditawarkan. Macam-macam harga sewa hosting dari yang ratusan ribu pertahun sampai yang jutaan perbulan, tergantung dari besaran volume data yang dapat ditampung, besaran bandwidth yang disediakan, serta resource servernya seperti jumlah core processor, RAM, HDD, Dedicated Public IP, dll. Konsultasikan dengan Ahli IT jika Anda masih bingung.

Aplikasi Toko Online adalah aplikasi yang diinstall di Hosting Anda. Banyak macam dan jenisnya, mulai yang khusus untuk Toko Online seperti Prestashop sampai yang plugin dari Website seperti Woocommerce yang merupakan plugin dari aplikasi website WordPress. Umumnya aplikasi ini OpenSource dan Free untuk digunakan. Anda mungkin perlu menyewa jasa instalasi saja jika tidak bisa install sendiri.

Tidak mau repot beli domain, sewa hosting, dan install aplikasi? Ada beberapa layanan online yang menyediakan toko online siap pakai. Anda hanya perlu membayar ke pengelola layanan dan toko online sudah siap digunakan. Domain yang digunakan umumnya subdomain dari domain utama pengelola toko online. Tapi ada juga yang menawarkan untuk custom menggunakan domain pilihan Anda sendiri, tentunya dengan merogoh kocek untuk tambahan layanan itu.

Marketplace

Marketplace bisa diistilahkan Pasar Online. Didalamnya ada berbagai macam Toko Online. Umumnya untuk mendaftar toko online didalam marketplace tidak dipungut biaya. Kelebihan berjualan di marketplace adalah tersedianya berbagai macam channel pembayaran dan pilihan kurir secara online. Aplikasi Marketplace juga cukup lengkap untuk menangani semua transaksi online dan laporan penjualan.

Banyak marketplace yang ada di dunia maya, bisa lokal atau yang internasional. Marketplace lokal di Indonesia sudah sangat terpercaya dan handal, beberapa adalah Startup Unicorn dengan modal Triliyuan rupiah seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, dll. Tentu mereka dibackup oleh tenaga-tenaga teknis yang mumpuni. Marketplace juga menyediakan fitur iklan. Anda bisa beriklan di dalam marketplace, di google, di media sosial lainnya tergantung fasilitas yang ditawarkan oleh pengelola marketplace.

Seperti layaknya pasar, maka marketplace memiliki kelebihan dalam merekrut pembeli. Pembeli cukup datang ke pasar online dan berbelanja di ratusan atau ribuan toko online yang ada di pasar itu. Tapi hal ini juga kekurangan marketplace. Toko anda bersaing dengan ratusan atau ribuan toko yang lain. Dan seringkali iklan barang sejenis yang ada di toko lain, tampil di etalase toko anda. Persaingan di marketplace cukup brutal. Anda yang tidak menyediakan kocek untuk iklan kemungkinan ada di halaman terakhir dalam pencarian produk, kalah populer dari toko yang langganan pasang iklan.

Diluar kekurangannya, Marketplace masih cukup layak untuk dipilih sebagai media penjualan online. Gratis, banyak fitur pendukung, dan lebih mudah mendapat pembeli.

Media Sosial

Sekarang ini banyak media sosial menyediakan fasilitas penjualan online. Ada yang dilengkapi dengan pembayaran dan pengiriman online juga, tapi belum selengkap marketplace. Sayangnya banyak media sosial ini dikelola oleh pengelola Asing sehingga fitur pembayaran dan kurirnya terbatas, tidak seperti marketplace lokal.

Tapi media sosial juga layak dijadikan channel penjualan. Banyak penjual online yang memanfaatkannya untuk promosi dengan membentuk Group Jual Beli atau membangun Halaman Bisnis. Beberapa media sosial menyediakan fitur Live. Disini penjual bisa berjualan langsung secara live didepan kamera dan berinteraksi dengan pembeli melalui fitur chat.

Seperti yang saya tulis diatas, kelemahan media sosial ada di fitur pembayaran. Umumnya penjual hanya membuka pembayaran via transfer bank langsung ke rekening penjual. Disini yang sering terjadi penipuan transaksi online karena akun media sosial tidak terverifikasi.

Kesimpulan

Banyak media penjualan online yang tersedia, silahkan pilih mana yang cocok untuk digunakan. Saran penulis, gunakan semua media penjualan online ini sesuai dengan kelebihan masing-masing. Media sosial untuk promosi, Marketplace untuk toko online di pasar yang diharapkan mampu menggaet pembeli baru, sedangkan Toko Online yang sifatnya lebih private bisa digunakan untuk membangun branding dan mengelola pelanggan tetap dan reseller.

Categories: Bisnis

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to a friend