Banyak layanan email gratis yang beredar di dunia maya, tapi sangat sedikit yang menawarkan email gratis dengan domain sendiri.

Apa yang dimaksud dengan Domain sendiri ?

Jika anda mendaftar di layanan email-email gratis seperti gmail, yahoo, hotmail, dll maka anda akan mendapatkan email dengan nama yang anda tentukan sendiri, tapi domainnya sudah ditentukan oleh pengelola layanan.

Email anda akan tertulis nama@gmail.com , nama@yahoo.com, nama@hotmail.com, dll.
Lain halnya jika layanan email mampu di konfigurasi dengan domain sendiri, nantinya akan tertera : nama@domainanda.com

Hal ini sebenarnya cukup mudah jika anda berlangganan domain sekaligus hosting nya. Dengan bantuan Cpanel, anda bisa membuat email dengan domain sesuai yang ada di hosting. Tapi, hal ini tentu akan di kompensasi dengan berkurangnya volume penyimpanan hosting anda karena akan digunakan sebagai media penyimpanan email dan attachment (lampiran) nya. Tentunya anda harus merogoh kocek lebih dalam lagi jika ingin menambah volume hosting nya.

Disatu sisi, email dengan menggunakan domain sendiri tentunya akan terkesan professional, utamanya jika digunakan dalam kegiatan usaha atau bisnis.

Beberapa waktu yang lalu, Google dengan Gmail nya menawarkan layanan email dengan domain sendiri ini secara gratis, demikian juga Microsoft dengan live.com ( Baca Artikel : Membuat email dengan live.com )  sampai gratis 500 user per 1 domain. Tapi itu semua adalah masa lalu, Google dan Microsoft sudah menutup layanan gratis nya dan menggantinya dengan layanan berbayar.

Tapi jangan kuatir, masih ada Zoho Mail yang menawarkan layanan Email Gratis dengan Domain sendiri.
Layanan Free dari Zoho ini memiliki batasan :

  • Hanya untuk 1 domain.
  • 1 Domain bisa untuk 25 user.  
  • Space email per user = 5GB
  • Space dokumen per user = 5GB

Lumayan untuk kita pecinta gratisan. 😀
  
Oke langsung saja,  untuk keperluan ini, kita memerlukan :

  1. Domain yang sudah aktif dan memiliki Domain Panel untuk konfigurasi DNS Record dan MX Record. Umumnya menggunakan Cpanel, tapi konfigurasi untuk client panel lain juga sama.
  2. Mendaftar ke Zoho.

Langkah Konfigurasi Email Zoho

1. Kita mulai dengan mendaftar email di Zoho ( https://www.zohomail.com ), kemudian klik Tombol Continue.



Pilih Sign Up di Paket Free. 

2. Isikan nama Domain, dan data-data anda (termasuk nomor hape untuk verifikasi) . Dalam contoh kali ini, kita coba daftarkan dengan domain Websindo.com
Administrator Account akan berfungsi sebagai akun untuk administrator email seperti menambah user, memulihkan password, atau menghapus user.

 3. Masukkan kode yang didapat dari sms, untuk verifikasi.

4. Pendaftaran berhasil! Lanjutkan dengan konfigurasi domain untuk email anda. Klik tautan Proceed to verify domain ownership.

5. Perhatikan Name dan Value dalam tabel berikut ini. 


Buka Cpanel Domain anda, kemudian akses ke Simple DNS Zone Editor


Yang anda lakukan hanya memasukkan Name dan Value dalam tabel diatas ke isian CNAME. Kemudian Add CNAME Record.


Kembali ke halaman Verifikasi Domain Zoho, setelah melakukan perubahan CNAME di Domain panel, maka langkah selanjutnya adalah klik tombol Verify by CNAME.

NOTE : Proses propagasi DNS (CNAME) memerlukan waktu antara beberapa menit tergantung kemampuan server hosting nya. Jika setelah di verifikasi, ternyata domain belum verified, tunggu beberapa saat kemudian lakukan verify lagi.


6. Setelah terverifikasi, langkah selanjutnya adalah menentukan user email. Dalam contoh kita beri nama akun “andimicro”.


7. Tambahkan User lain jika diinginkan. Hal ini juga dapat dilakukan di kemudian saat setelah semua proses implementasi selesai.


8. Tambahkan Group jika diinginkan. Hal ini juga dapat dilakukan di kemudian saat setelah semua proses implementasi selesai.


9. Halaman Konfigurasi email. Perhatikan tabel MX Record yang ada disana.


Buka Cpanel, dan akses menu Mail – MX Entry

NOTE : Sebelum mengisi MX Record yang baru dari Zoho, PASTIKAN daftar MX Record yang lama, yang sebelumnya ada dari Hosting, sudah DIHAPUS semua!

Isikan MX Record sesuai tabel diatas.

NOTE : Setelah proses input MX Record, perlu waktu beberapa menit sampai beberapa jam untuk resolved. Selama MX record belum resolved, anda tidak dapat menerima email atau mengirim email melalui akun Zoho. Tunggu hingga proses resolved MX Record berhasil, sebelum menggunakan email Zoho.

10. Lanjutkan proses selanjutnya pilih Next atau Skip, sampai proses terakhir.



11. Anda dapat masuk ke akun email dari alamat https://mail.zoho.com




12. Khusus untuk akun administrator , dapat mengelola control panel email antara lain untuk melakukan re-konfigurasi, membuat/menghapus akun, mengganti password, dll.



Zohomail juga menyediakan Mobile apps di Android dan Iphone, yaitu Zoho Mail untuk akses email via mobile dan Zoho Mail Admin khusus untuk akun admin yang dapat mengelola user. Untuk android silahkan download di Google Playstore.

Apps Zoho Mail
Apps Zoho Mail Admin




Selamat Mencoba   😉

*) Update 27 Agustus 2016
 

Categories: Teknologi

11 Comments

Unknown · April 27, 2017 at 4:18 am

Utuk ubah url email jadi mail.domainkia.com gimana caranya gan?

hasan langoday · January 27, 2017 at 5:37 pm

tutorialnya sangat berguna
saya berhasil namun kesulitan di DKIM dan SPF mohon di bantu mas Andi

Terima kasih

Unknown · November 26, 2016 at 11:00 am

ini kalau mau menghapus nya gimana yah ke reload saat mau masukan verify code pas di ulangi step mendaftar domain already exist

Plato Ginting · November 26, 2016 at 10:39 am

Thank you kak

Cedo Minded · August 28, 2016 at 5:16 pm

Terimakasih Om Andi, tutorialnya.. 🙂

Tobi Web ID · August 28, 2016 at 9:35 am

Kalau pake VPS bagaimana om andi ?

Unknown · August 28, 2016 at 8:11 am

Terima kasih tutorialnya Oom Andi 🙂

Cedo Minded · August 28, 2016 at 7:03 am

Terimakasih Om Andi, tutorialnya.. 🙂

Ahmad Ghossani · July 22, 2015 at 5:49 pm

Thanks…

danu wiyoto · July 22, 2015 at 11:10 am

top dah

Suhendra Hendra · July 22, 2015 at 9:31 am

keren,,, 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × four =

Related Posts

Teknologi

Praktisi IT dari Kalsel Ini Berikan Tips Mengelola Ecommerce

Pertumbuhan Ecommerce di Indonesia semakin pesat dari tahun ke tahun. Tercatat oleh Badan Pusat Statistik (BPS) di akhir tahun 2016, jumlah total usaha ecommerce di Indonesia mencapai 26,2 juta. Pertumbuhan Smartphone, Jangkauan internet, dan perubahan Read more…

Teknologi

Tips Mengamankan Akun Media Sosial

Media sosial saat ini sudah menjadi Gaya Hidup. Hampir setiap orang yang memiliki akses ke internet, punya akun Medsos. Dengan medsos, hubungan dan komunikasi antar teman, saudara, dan keluarga tetap bisa terjaga tanpa dibatasi oleh Read more…

Bisnis

Tips Sederhana Menjual Jasa IT

Dari ngobrol bersama teman-teman, terutama rekan-rekan yang lebih muda, kebanyakan diantara mereka kesulitan menjual jasa, biasanya jasa instalai teknis. Ada yang bilang : “Sudah dikasih harga murah, kok masih ditawar, udah gitu, eh.. ga jadi Read more…